Perilaku Etika dalam Bisnis
Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Perusahaan meyakini prinsip bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika, yakni bisnis dengan kinerja unggul dan berkesinambungan yang dijalankan dengan mentaati kaidah-kaidah etika sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.
Etika bisnis dapat menjadi standar dan pedoman bagi seluruh karyawan termasuk manajemen dan menjadikannya sebagai pedoman untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari dengan dilandasi moral yang luhur, jujur, transparan, dan sikap yang profesional.
Tiga pendekatan dasar dalam merumuskan tingkah laku etika bisnis, yaitu:
· Utilitarian Approach
Setiap tindakan harus didasarkan pada konsekuensinya.
· Individual Rights Approach
Setiap orang dalam tindakan dan kelakuannya memiliki hak dasar yang harus dihormati
· Justica Approach
Para pembuat keputusan mempunyai kedudukan yang sama, dan bertindak adil dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan baik secara perseorangan ataupun secara kelompok.
Untuk menyusun etika bisnis yang bagus, maka perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini, yaitu:
· tentang pengendalian diri,
· pertanggungjawaban sosial,
· menjadikan persaingan secara sehat,
· penerapan konsep yang berkelanjutan,
· dapat mempertahankan keyakinannya,
· konsisten dengan sebuah aturan yang sudah disepakati bersama,
· penumbuhan kesadaran serta rasa memiliki dengan apa yang sudah disepakati,
· menciptakan suatu sikap untuk saling percaya pada antar golongan usaha,
· serta perlu diadakannya sebagian dari etika bisnis untuk dimasukkan dalam hukum yang dapat berupa suatu perundang-undangan.
Tujuan etika bisnis adalah untuk menjalankan dan menciptakan sebuah bisnis seadil mungkin serta menyesuaikan hukum yang sudah dibuat. Selain itu, juga dimaksudkan untuk menghilangkan ketergantungan pada sebuah kedudukan invidu maupun perusahaan.
Fungsi etika bisnis adalah dapat mengurangi dana yang diakibatkan dari pencegahan yang kemungkinan terjadi friksi atau perpecahan, baik dari intern perusahaan itu sendiri maupun ekstern. Selain itu dalam penerapan etika bisnis ini juga berfungsi untuk membangkitkan motivasi pekerja agar terus meningkat, melindungi prinsip dalam kebebasan berdagang atau berniaga, serta dapat menciptakan keunggulan dalam bersaing.
Soal
1. Aspek yang dicakup dalam etika bisnis meliputi, kecuali ...
a. Individu
b. Kelompok
c. Masyarakat
d. Perusahaan
2. Setiap tindakan harus didasarkan pada konsekuensinya merupakan salah satu pendekatan etika bisnis, yaitu...
a. Utilitarian approach
b. Individual Right approach
c. Justica approach
d. Company approach
3. Untuk menjalankan dan menciptakan sebuah bisnis seadil mungkin serta menyesuaikan hukum yang sudah dibuat, merupakan ... etika bisnis.
a. Pengertian
b. Fungsi
c. Tujuan
d. Prinsip
4. Merupakan pengertian dari Justica Approach adalah...
a. Setiap tindakan harus didasarkan pada konsekuensinya
b. Setiap orang dalam tindakan dan kelakuannya memiliki hak dasar yang harus dihormati
c. Setiap perusahaan perlu menciptakan suatu sikap untuk saling percaya pada antar golongan usaha
d. Para pembuat keputusan mempunyai kedudukan yang sama, dan bertindak adil dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan baik secara perseorangan ataupun secara kelompok
5. Ada berapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun etika bisnis?
a. 9
b. 8
c. 7
d. 6
Tidak ada komentar:
Posting Komentar